Header Ads

Berbagai Lokasi Wisata Body Rafting dengan Pemandangan Air Terjun Menawan

Body rafting adalah salah satu aktifitas wisata yang menarik dilakukan di tempat wisata dengan menyusuri aliran sungai menggunakan ban. Ada beberapa tempat yang cocok untuk dilakukan body rafting. Selain itu juga ada tempat-tempat istimewa yang memiliki pemandangan bagus sehingga body rafting yang dilakukan jadi lebih menarik. Berikut berbagai lokasi wisata body rafting dengan pemandangan air terjun menawan.

1. Green Canyon
Green Canyon yang kerap disebut Cukang Taneuh berada di Kab. Pangandaran. Dengan body rafting di sini akan membawa kita menyusuri sungai menerobos arus yang sepanjang alirannya disuguhi oleh pemandangan pepohonan hijau yang asri. Di sekitarnya juga terdapat beberapa satwa di antara tumbuhan pepohonan yang rindang di sisi sungainya. Pengunjung juga bisa menikmati air terjun menawan yang mengalir turun dari sisi tebing.
Suasana sunyi nan tenang dengan suara alam gemersik pepohonan rimbun disertai kicauan burung membuat suasana alam harmonis. Hutan alami dengan udara yang segar di tempat ini membuat pengalaman menyusuri sungai menjadi semakin menarik dan sekaligus me-refresh pikiran yang jenuh. Dengan body rafting, pengunjung dapat menikmati pesona alam ini mengarungi Cijulang menuju Green Canyon.
Waktu yang cocok mengunjungi Green Canyon yang paling baik adalah saat musim kemarau, karena air sungai akan berwarna hijau jernih dan alirannya lebih tenang, sedangkan saat musim hujan, besar kemungkinan ditutup karena debit air meningkat.

2. Curug Naga
Di Bogor terdapat tempat wisata yang sedang tren sebagai lokasi body rafting yaitu di Curug Naga Bogor. Body rafting adalah aktifitas utama dari rangkaian wisata ke curug atau air terjun ini. Aktivitas wisata yang ekstrim dan memacu adrenalin ini sangat cocok dilakukan di curug Naga yang berada di kawasan Mega Mendung karena selain medan yang bagus penuh tantangan, juga pemandangannya indah karena berada di lokasi air terjun yang menawan. 
Perjalanan menuju lokasi ini melewati jalanan menanjak dan bekelok-kelok. Sebelum mencapai lokasi, kita melewati Curug Priuk, dengan jalanan lebih menantang karena harus menuruni jurang yang sangat curam pada kemiringan hampir 90 derajat. Pengunjung harus berhati-hati dalam mencari pijakan kaki terutama saat hujan, berbahaya jika terpleset. Di bawahnya air segar nan dingin sudah menanti,  dan petualangan sesungguhnya mulai dari curug priuk ini.
Kita harus melewati perosotan alami hingga jalan buntu curug Barong. Pada ketinggian Curug sekitar 6-7 meter ini, mau tak mau harus dilompati menuju bawah curug. Setelah keluar dari air perjalanan dilanjutkan dengan tracking melewati bukit. Curug Naga, yang merupakan curug tersembunyi ini untuk mencapainya harus melawan arus sungai yang lumayan deras melewati batu besar. 

3. Sungai Citumang, Ciamis
Aliran sungai Citumang yang juga dikenal dengan Green Valley berada sejauh 15 km dari arah barat Pantai Pangandaran, dengan jarak tempuh dari Pangandaran sekitar 30 menit. Lokasi sungai Citumang ini di Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kec. Parigi.
Objek wisata sungai Citumang memiliki beragam keindahan alam yang alami serta bebatuan yang indah di sepanjang aliran sungainya yang sangat jernih. Pada sungainya terdapat Goa yang dialiri air sungai Citumang, dengan pemandangan air terjun dengan tinggi 3 meter yang menawan, membuat pengalaman body rafting di tempat ini semakin menarik. Jarak tempuh sungai ini untuk aktivitas body rafting adalah sejauh 1,5 km. 

4. Sungai Oyo, Goa Pindul
Body rafting saat berwisata Goa Pindul sangat seru dilakukan dengan menyusuri sungai Oyo yang membentang dari timur ke barat dusun Gelaran, Bejiharjo, Gunung kidul. Penelusuran kurang lebih 4 kilometer ini di suguhi pemandangan alam sepanjang aliran sungai Oyo yang indah alami, khas batuan karst Gunungkidul. Berpetualang di aliran sungai ini sungguh menarik karena pada sungai Oyo akan menjumpai air terjun yang sangat indah menawan, dinamakan air terjun Pengantin.
Perjalanan dimulai dengan melewati hamparan persawahan, peserta akan menaiki ban karet menelusuri sungai Oyo yang dilingkupi tebing-tebing purba serta dihiasi indahnya air terjun yang menyejukan pandangan mata.  Kedalaman sungai Oyo sekitar 7-10 m. Ditepian kita bisa beristirahat sejenak untuk menikmati pemandangan alam. Beberapa pengunjung berani melompat dari tebing yang cukup tinggi di pinggir sungai.

http://www.jurnalwisata.com/2017/04/berbagai-lokasi-wisata-body-rafting.html
gambar: air terjun sri gethuk
sumber: paketwisatajogja75.com

5. Air Terjun Sri Gethuk 
Di air terjun yang masih berada di sungai Oyo ini, Sri Gethuk yang indah menawan, kita bisa berwisata seru dengan aktifitas body rafting. Lokasinya berada di Gunung Kidul yang memang kaya akan pesona wisata alam, mulai dari pantai, bukit, laut, sungai, air terjun dan goa. Air terjun Sri Gethuk berada di Kab Gunung Kidul, Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kec. Playen – Yogyakarta. 
Dari lokasi tempat parkir, kita menuruni hampir 100 anak tangga sebelum dermaga lalu dengan rakit Ban ke lokasi Air Terjun Sri Getuk. Keletihan berjalan kaki akan terbayar setelah menyaksikan indahnya sungai Oyo yang bekelok2 sepanjang sungainya tebing batu karst terpahat alam dan hampir setiap hari tempat ini di kalungi pelangi jika matahari menerpa percikan air terjun. Air terjun ini berasal dari tiga mata air yaitu Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul yang mengalir jadi satu yang jatuh dari tebing bebatuan karst setinggi 25 m dengan suara gemericik yang mempesona.
Demikian ulasan mengenai berbagai lokasi wisata body rafting dengan pemandangan air terjun menawan. Aktifitas wisata body rafting akan semakin seru dan mengasyikkan jika dilakukan di lokasi dengan air terjun menawan seperti di atas.

Tidak ada komentar