Header Ads

Berbagai Tempat Wisata Air Terjun dengan Pesona Niagara Mini yang Memikat

Objek wisata alam semakin banyak diminati oleh masyarakat kita seiring meningkatnya taraf hidup dan
strata sosial. Tak dapat disangkal, saat ini wisata air terjun menjadi primadona tujuan wisata alam di Indonesia. Hampir tiap daerah memiliki air terjun yang menjadi ikon dan andalan yang menarik dikunjungi.
Beberapa di antaranya telah terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap akhir pekan. Namun ada juga beberapa air terjun dengan pemandangan memikat yang bahkan mungkin belum pernah terdengar karena tidak terkenal mengingat lokasinya yang lebih terpencil tetapi air terjun ini memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini berbagai tempat wisata air terjun dengan pesona niagara mini yang memikat.

1. Curug Awang
Curug ini adalah salah satu dari tiga curug yang pada aliran sungai Ciletuh Sukabumi. Sedangkan dua curug lainnya adalah Curug Puncak Manik dan Curug Tengah yang masuk wilayah Desa Taman Jaya. Untuk menuju ke lokasi curug cukup mudah karena jalannya bagus dengan penunjuk jalan, lalu melewati jalan berbatu dan agak menurun dengan berjalan kaki. 
Pemandangannya berbeda dengan pemandangan alam lainnya, karena masih asri. Terdapat pondok kecil sebagai patokan, milik seorang ibu bernama Masliyah lalu berjalan menurun menuju sawah melewati jembatan batang pohon menyeberangi sungai kecil hingga terlihat Curug Awang Sukabumi dengan pesona Niagara Mini yang memikat.
Air terjun di sini tidak terlalu tinggi, ketinggian sekitar 40 m serta lebar 60 m.  Kalau di musim penghujan, biasanya debit airnya sangat deras sehingga tampak cukup lebar, sedangkan di musim kemarau air terjun ini uniknya akan terbagi menjadi beberapa aliran yang terpisah. 

http://www.jurnalwisata.com/2017/04/berbagai-tempat-wisata-air-terjun.html
gambar: curug awang
sumber: www.lihat.co.id

2. Curug Malela
Wisata air terjun di Bandung salah satunya Curug Malela Bandung akan menjadi perjalanan wisata alam yang menarik untuk menjadi pilihan terbaik saat berlibur. Curug Malela ini bersumber pada hulu sungai Gunung Kendeng, gunung berapi di barat Ciwidey, mengalir di sungai Cidadap, Gunung Halu.
Curug Malela yang pesonanya mirip Niagara ini memiliki ketinggian 60 m dengan lebar mencapai 70 meter, pada lima buah jalur air terjun yang tampak keindahan serta kemegahannya yang sungguh mempesona. Debit air dalam jumlah yang banyak mengalir deras melintasi air terjun ini. Bila dilihat dari kejauhan curug ini akan terlihat bagai kilauan sekumpulan benang sutra halus yang memancarkan sinar. Di sisi kanannya terlihat tebing putih yang cukup tinggi nan eksotis mengarah ke bawah air terjun.
Air terjun ini, karena keindahan alaminya, layak disebut sebagai surga tersembunyi yang terisolir dari peradaban bagaikan harta karun alam yang pantas diburu banyak orang. 

3. Curug Sewu – Jawa Tengah
Air terjun selanjutnya yang mirip Air Terjun Niagara di Amerika Serikat dan Kanada adalah Air Terjun Sewu atau lebih sering dikenal dengan Curug Sewu. Air Terjun Sewu bisa ditemukan di Desa Curugsewu, Kec. Patean, Kab. Kendal, Jawa Tengah. Air terjun dengan tinggi menjulang hingga 80 meter ini memiliki pesona alam yang luar biasa memikat. Selain indahnya pemandangan air terjun, kawasan Curug Sewu juga dilengkapi dengan taman bermain yang disukai anak-anak, kebun binatang sebagai wisata edukasi untuk mengenal satwa serta kolam renang.

4. Air terjun Temam
Siapapun yang berkunjung ke air terjun ini pasti akan betah dan takjub melihat keindahan air terjun Niagara Mini yang bentuknya memanjang bagai tirai raksasa ini. Air Terjun Temam ini merupakan aliran sungai Temam yang masih alami yang berbeda dengan air terjun biasa yang kita temui. Air terjunnya yang terbentuk secara alami ini tidak begitu tinggi dengan bentuk memanjang. Tingginya sekitar 12 m dan lebarnya 25 meter juga memiliki keunikan batu bercelah yang melengkung dibawah air terjun.
Air Terjun Temam berada di Kel. Rahma, Kec. Lubuk linggau Selatan 1, Kab. Lubuk linggau – Sumatera Selatan. Lokasi air terjun Temam berjarak 11 km dari kota Lubuk Linggau, ke arah selatan, perjalanan selama 30 menit menggunakan motor. Jika berkendara dari Palembang butuh waktu sekitar 6,5 jam.

5. Curug Cikondang, Cianjur
Curug Cikondang adalah salah satu objek wisata yang berjarak 37 km dari Kota Cianjur yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun yang setinggi kurang lebih 50 m dan lebar 30 m ini sekilas mirip Air Terjun Niagara jika dilihat jarak dekat. Malahan pada situs National Geographic Indonesia disebutkan jika Curug ini adalah Niagara Mini-nya Indonesia, dengan penampilannya yang berupa aliran air terjun yang melebar serta  pemandangan alam sekitarnya yang menenangkan jiwa. Jika ingin melepaskan diri dari penat dan sibuknya suasana kota, ini adalah tempat yang cocok.
Di sekelilingnya terlihat hamparan perkebunan teh serta sawah-sawah terasiring yang sungguh memikat mata memandangnya. Terasiringnya mirip dengan persawahan di Ubud yang sering dijadikan lokasi syuting film asing. Udara segar khas daerah pegunungan menciptakan suasana makin sejuk khususnya bagi pengunjung dari Jakarta, akan terasa sekali perbedaannya.

Demikian ulasan mengenai berbagai tempat wisata air terjun dengan pesona niagara mini yang memikat. Dengan uraian di atas diharapkan menjadi inspirasi wisata dikala masa liburan tiba.

Tidak ada komentar