Header Ads

Pantai-Pantai Indah dengan Keunggulannya Sebagai Habitat Penyu

Pantai adalah tujuan wisata yang diburu banyak wisatawan di saat liburan sebagai tempat berekreasi. Pantai menjadi objek yang disukai serta menarik untuk dikunjungi karena dengan segala pemandangan alam yang indah serta aktifitas yang seru dilakukan, memberi keceriaan di hari libur. Terdapat beberapa pantai yang mempunyai ciri khasnya sendiri yang membuat pantai itu lebih unggul dibanding pantai lainnya sehingga pengunjung lebih menaruh minat mendatanginya. Berikut ini pantai-pantai indah dengan keunggulannya sebagai habitat penyu.

1. Pantai Ujung Genteng
Pantai cantik yang berada di Sukabumi yaitu Pantai Ujung Genteng, memiliki keindahan alam yang menarik sebagai tempat wisata. Di pantai berpasir putih ini selain keindahan pantainya yang menjadi daya tarik wisata, juga karena merupakan habitat bagi penyu. Pantai ini memiliki air laut yang jernih yang jikalau musim hujan menjadi agak keruh. Lebih baik datang saat musim kemarau di saat air sedang jernih-jernihnya sehingga membuat siapapun terpukau dengan laut jernihnya yang biru cantik.
Di Pantai Ujung Genteng terdapat penangkaran penyu untuk menjaga populasinya agar terus berkembang biak dengan kondusif. Di sini telur penyu dan tukik alias anak penyu hidup dibesarkan untuk kemudian dilakukan pelepasan ke pantai.
Penyu-penyu yang ditangkarkan di sini seperti penyu hijau, letaknya di pantai Pengumbahan, Ujung Geteng. Pada bulan Agustus dan Maret, yaitu masa yang tepat ketika musim bertelur penyu hijau. Pada malam harinya kita bisa melihat penyu naik ke daratan dan menggali pasir untuk bertelur. Pengunjung juga bisa ikut melepas anak penyu ke pantai. Sungguh menjadi pengalaman yang menyenangkan bersama penyu-penyu kecil imut-imut yang berjuang untuk meneruskan siklus kehidupan. 

http://www.jurnalwisata.com/2017/04/pantai-pantai-indah-dengan.html
gambar: pantai tiku
sumber: kidalnarsis.blogspot.com

2. Pantai Tiku, Sumatera Barat
Pantai di Muaro Putuih ini menjadi rekomendasi sebagai lokasi foto bagi pecinta dunia fotografi. Terlebih pemandangan matahari yang mulai ke peraduannya di pantai ini, sungguh ajaib sekali pemandangannya. Terbentuk lukisan alam yang indah yang berkolaborasi dengan keindahan laut, laguna, juga nyiur melambai yang akan menghanyutkan perasaan. Memang tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan, karena merupakan daerah terlarang. Pantainya tampak seperti muara berawa-rawa dan berlumpur selain juga lokasinya di belakang rumah penduduk. Fenomena alam adanya laguna yang terbentuk di pesisir pantai ini menjadi suatu pesona alam yang menarik. 
Satu keunggulan yang tidak dimiliki kebanyakan pantai-pantai lain yaitu adanya pelestarian penyu, hewan laut yang populasinya mulai langka. Di Pantai Tiku, Dinas Kelautan dan Perikanan membuat penangkaran penyu sebagai upaya pemerintah melestarikan penyu agar tak punah. Penangkaran penyu di Tiku, Kec. Tanjungmutiara ini sangat potensial sebagai tempat pengembangan Penyu, selain laut Tiku memiliki pemandangan alam dan terumbu karang di bawah lautnya yang indah. Dengan kondisi ini, populasi penyu akan terjaga dan dapat berkembang biak dengan baik hingga populasinya terus bertambah tahun ke tahun jika ekosistemnya terjaga.

3. Pantai Goa Cemara, bantul
Pantai goa cemara, yang berada 4 km di barat pantai Parangtritis, memang memiliki sebuah lahan luas dengan ribuan pohon cemara. Bentangan alam pantai seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Satu pohon dengan pohon lainnya seakan membentuk semacam lorong yang sangat panjang seolah tanpa batas.
Selain daya tarik hamparan cemara tersebut, keunggulan lain pantai ini yaitu adanya kegiatan konservasi penyu di pantainya. Pantai Goa Cemara ini merupakan habitat penyu yang mulai langka. Dilatarbelakangi komitmen anggota nelayan yang bersungguh-sungguh berupaya dalam penyelamatan terhadap kelestarian satwa langka ini, maka dibuatlah karantina penyu di sekitar pinggiran pantai Goa Cemara berupa sumur dangkal terbuat dari cor beton untuk sarang telur penyu hingga penetasan. Sedangkan induk penyu dipelihara di Bak fiber berukuran cukup besar.
Pantai ini tergolong pantai yang masih baru, namun sudah ramai pengunjung di musim liburan. Hal menarik lainya di pantai Goa Cemara adalah pantai ini cocok untuk fotografi, serta terdapat sebuah mercusuar sekitar 40 m tingginya. Mercusuar juga boleh dinaiki pengunjung. Dari atas mercusuar pantai Goa Cemara, keindahan pantai sekitar pantai goa cemara dapat dinikmati. Tampak pemandangan tambak udang dan hamparan hutan pohon cemara yang tersebar sepanjang pantai.

4. Pantai Taman Pacitan
Pantai Taman yang terletak di Kab. Pacitan ini menjadi tempat konservasi penyu kawasan Pantai Selatan di bagian Barat Jawa Timur. Penyu-penyu itu mencari makan hingga ke perairan Australia. Penyu-penyu tersebut datang ke Pantai Taman hanya untuk bertelur, lalu meninggalkan telurnya untuk kembali lagi ke perairan Australia. Di Pantai Taman memiliki empat jenis penyu; penyu abu-abu, penyu Sisik, penyu Hijau, dan juga penyu Belimbing berukuran paling besar yang paling langka dengan panjang mencapai 2 m. Untuk menjaga pelestarian penyu di sini, telur penyu dipindahkan ke lokasi penetasan. Selama 54 hari maka muncul anak penyu (tukik). 
Tukik-tukik ini dipelihara sampai akhirnya dilepaskan kembali ke habitatnya di laut. Tak semua penyu dilepaskan karena sengaja dipelihara untuk dapat dilihat dan dipelajari oleh masyarakat setempat dan pengunjung pantai agar menumbuhkan kecintaan terhadap penyu dan melibatkan mereka dalam melestarikannya. Tentu saja penyu-penyu tersebut dipelihara sebagaimana habitat aslinya supaya penyu-penyu itu dapat bertahan hidup ketika dilepas ke lautan. Kegiatan seru yang bisa dilakukan di pantai ini yang berhubungan dengan penyu seperti berfoto dan memberi makan penyu. 

5. Pantai Kili-Kili, Jawa Timur
Pantai Kili-Kili terletak di Kab. Trenggalek Jawa Timur. Pantainya membentang dari barat hingga timur desa Wonocoyo yang kemudian dikenal sebagai Taman Kili-Kili. Di sepanjang tepiannya yang ditumbuhi pohon pandan inilah sering ditemukan penyu laut yang bertelur pada bulan Mei-Agustus. Untuk mencapai Pantai Taman Kili-Kili kita harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh persawahan, tambak serta perkebunan kelapa.
Pantai Taman kili-kili memiliki hamparan pasir yang tampak indah di sepanjang tepiannya terutama di saat Sunrise atau Sunset. Selain dari panoramanya yang sangat indah, keunggulan Pantai Taman Kili-Kili adalah memiliki obyek wisata konservasi Penyu. Kegiatan konservasi ini bertujuan untuk mengawal induk penyu yang selesai bertelur, lalu memindahkan telur-telurnya ke lokasi konservasi, menampung dan memelihara Anak Penyu yang baru menetas dan pelepasan Tukik (Anak Penyu) ke laut. Bahkan wisatawan bisa ikut serta dalam pelepasan satwa langka ini ke laut bebas.

Demikian pembahasan mengenai pantai-pantai indah dengan keunggulannya sebagai habitat penyu. Bila ingin liburan penuh makna peduli lingkungan serta nilai edukasi, pantai-pantai di atas cocok sebagai tujuan wisata yang memberikan pengalaman yang berbeda dari wisata lainnya.

Tidak ada komentar