Header Ads

Penyebab Utama Munculnya Kantung Mata

Kantung mata merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh kebanyakan para wanita. walaupun
hal ini bukan termasuk salah satu masalah kesehatan yang serius, munculnya lingkaran hitam pada bawah mata seringkali disebut dengan mata panda. Masalah kantung mata ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri kebanyakan orang. sebelum mengatasi masalah kantung mata tersebut, sebaiknya terlebih dahulu untuk mencari tahu penyebabnya. Berikut ini bebreapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata.


Faktor genetik
Genetik termasuk salah satu faktor utama penyebab kantung mata selain alergi dan hidung tersumbat. Kantung mata lebih sering muncul pada mereka yang memiliki kulit hitam dan penduduk Asia pada umumnya. Kantung mata juga bisa dipengaruhi oleh bentuk wajah, kondisi kulit, struktur tulang, maupun penuaan. Pada saat tubuh menua, terkadang hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kehilangan kolagen dan menipis sampai urat darah halus menjadi terlihat jelas.

Alergi
Munculnya kantung mata dengan lingkaran hitam bisa disebabkan karena alergi musimam seperti alergi sari bunga, kosmetik, makanan dan alergen lainnya yang ada di rumah maupun di tempat kerja. Masalah alergi ini bisa saja menimbulkan terjadinya suatu peradangan yang dapat memperbesar pembuluh nadi kecil yang ada pada bawah mata. Pembuluh nadi yang bengkak ini bisa saja menekan kulit pada area mata yang tipis sehingga membuat warna hitamnya menjadi terlihat jelas. sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jenis alergi ini ke dokter untuk memperoleh perawatan yang tepat.

Hidung tersumbat
Masalah saluran hidung tersumbat juga bisa menimbulkan masalah kantung mata. Hal ini dikarenakan pembuluh nadi dari mata ke hidung menjadi melebar dan menggelap.

Kurang vitamin dan nutrisi
Kurangnya asupan vitamin B, C, E dan K juga bisa memunculkan masalah kantung mata. Asupan vitamin juga diperlukan untuk kerja kelenjar adrenalin. Ketika kelenjar tersebut kelelahan akibat stres, mengkonsumsi kafein, gula atau bahkan alkohol yang berlebihan, penyerapan vitamin menjadi berkurang sehingga membuat wajah terlihat bengkak dan muncul kantung mata.

Dehidrasi
Minum air putih yang cukup menjadi salah satu cara untuk mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan pembuluh darah meluas dan bengkak, hal inilah yang menyebabkan munculnya kantung mata. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi alkohol dan kafein yang dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan kurang tidur.

Merokok
Merokok menjadi salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah, seperti mengerutkan pembuluh sehingga sirkulasi memburuk dan pembuluh darah menjadi terliht lebih jelas dan gelap. Tidak hanya itu saja, merokok juga bisa mengurangi aliran oksigen ke kulit seperti alkohol.

Itulah beberapa penyebab utama munculnya kantung mata yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar